Rabu, 04 Februari 2009

KAITAN KEUNGGULAN KOMPETITIF WILAYAH DENGAN PERTUMBUHAN WILAYAH

Bagi daerah yang kalah bersaing.Daya saing wilayah dapat kita identifikasikan melalui daya saing ekonomi, yang terdiri dari keunggulan berbanding (comparative advantage); keunggulan ini merupakan keunggulan yang merupakan modal alami dari suatu wilayah, atau dalam artian mengandalkan sumberdaya alam dan letak geografis wilayah tersebut. Kedua adalah keunggulan bersaing (competitive advantage), keunggulan ini adalah kebalikan dari keunggulan berbanding. Keunggulan bersaing mengandalkan faktor-faktor non-alam dan merupakan sesuatu yang dibuat dan diolah sendiri oleh manusia. Contohnya adalah faktor ekonomi, politik, kebijakan, strategi bisnis, teknologi dan sumberdaya manusia.

Suatu wilayah yang mempunyai kekayaan alam melimpah dibandingkan dengan wilayah lain akan berbuat lebih banyak untuk mengembangkan potensi wilayah tersebut yaitu dengan mengeksploitasi apa yang ada dengan tidak mengesampingkan kelestarian. Lokasi yang strategis juga akan lebih mempermudah dalam akses keluar dan melakukan distribusi hasil atau produk daerah tersebut. Dengan kelancaran berupa tersedianya sumberdaya alam dan kemudahan aksesibilitas akan mempercepat pertumbuhan wilayah tersebut. Bila kita membandingkan dengan wilayah yang miskin sumberdaya alam serta letaknya yang kurang strategis maka tidak mudah dalam menumbuhkan wilayah tersebut, kalaupun dapat maka akan memerlukan waktu yang sangat lama.

Tidak hanya itu saja, faktor non-alam juga ikut berperan dalam pertumbuhan wilayah. Tanpa manusia yang berkualitas maka dalam pemanfaatan sumberdaya yang ada akan tidak efektif dan efisien dan akhirnya merugikan daerah tersebut. Dalam pemanfaatan ini diperlukan suatu kebijakan, strategi bisnis yang tepat dan teknologi yang mendukung kegiatan tersebut. Dengan tersedianya semua modal baik sumberdaya alam, sumberdaya manusia, teknologi, site yang strategis, strategi bisnis dan lain-lain maka suatu wilayah akan mempunyai keunggulan kompetitif yang lebih tinggi daripada daerah lain yang miskin. Daerah yang mempunyai keunggulan kompetitif wilayah inilah yang akan dengan cepat menumbuhkembangkan wilayahnya. Daerah ini jugalah yang nanti akan menjadi sentral ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar